Ahli Linguistik Dari 20 Negara Berkumpul di Universitas Bung Hatta

Bunghatta.ac.id. Fakultas Ilmu Budaya Univeristas Bung Hatta menghadirkan 100 pemakalah dari 20 negara tentang ilmu linguistik dan ilmu bahasa dalam bentuk Konferensi Linguistik International (Free Linguistics Conference 2016) di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat, (30/09/2016).

Ketua Pelaksana Dr. Yusrita Yanti.,M.Hum menyebutkan Free Linguistics Conference (FLC) didirikan tahun 200 oleh Ahmad Mahbood, dosen senior di University of Sydney, tujuan konferensi linguisik gratis tersebut adalah untuk menyediakan forum yang dapat di ikuti oleh semua orang yang menekuni ilmu linguistik atau yang bekerja di bidang ilmu bahasa.

Ditambahkan Yusrita, FLC juga bekerjasama dengan banyak lembaga lain, Januari 2013 di sponsori the Lahore College for Women University, Pakistan di deklarasikan “Deklarasi Lahore” untuk Ilmu Bahasa dan Negara berkembang dan menetapkan agenda untuk penelitian berfokus pada perkembangan masalah linguistik di dunia.

“Pada FLC 2016 ini hadir peneliti dan ahli-ahli linguistik dari 20 negara antara lain dari Amerika, Thailand, Jepang, Philipina, Malaysia, Autralia, Inggris, Belanda, Jerman, China, Korea Selatan,Nigeria, Pakistan, Bangladesh, Ukhraine, Indonesia dan lain-lain”, jelas Yusrita Yanti

Ditempat yang sama, Rektor UBH Prof.Niki Lukviarman dalam sambutannya menyebutkan dengan berkumpulnya ahli-ahli linguistik dunia di Universitas Bung Hatta dalam sebuah konferensi, kita berharap makalah-makalah yang disajikan dari hasil-hasil penelitian mereka, akan menghasilkan konstribusi positif yang bermanfaat untuk perkembangan ilmu bahasa dan pengajaran bahasa dalam multi konteks sosial dan budaya.


Kegiatan FLC 2016 diawali dengan workshop, Kamis, (29/9) di Gedung Pascasarjana Universitas Bung Hatta dan saat konferensi akan tampil enam focus speaker, yakni Leslie Barratt dari Indiana State University, USA & Rajbhad Roi-Et University, Thailand, James D’Angelo, Chukyo University, Japan. Darek Irwin dari University of Nottingham, Malaysia Campus, Isabel Martin, Anteneo de Manila University, the Philipines. Tampil juga Harni Kartika Ningsih dari Unieversitas Indonesia, Yusrita Yanti dari Universitas Bung Hatta dan pemakalah tamu Edgar Scneider dari University of Regensburg, Germany.

“Semua tamu dan peserta, juga di jamu makan malam oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Auditorium Gubernur, Kamis malam, dan disuguhi kesenian daerah Minangkabau dan pastinya juga disuguhi dengan aneka kuliner asli daerah”, ulas Yusrita lagi.(*Indrawadi-Humas UBH)

 

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Bung Hatta 2017

Universitas Bung Hatta kembali menyelenggarakan pemilihan mahasiswa berprestasi tahun 2017. Bagi mahasiswa yang berminat dan memenuhi persyaratan, agar dapat mendaftar di program studi/jurusan masing-masing untuk mengikuti seleksi mahasiswa berprestasi Universitas Bung Hatta dengan jadwal dan persyaratan sebagai berikut :

I. Jadwal Kegiatan
a. Seleksi tingkat Jurusan pada minggu Ke II bulan Januari 2017 (tanggal ditetapkan oleh Jurusan/Dekanat)
b. Seleksi tingkat Fakultas pada minggu ke II bulan Februari 2017 (tanggal ditetapkan oleh Dekanat).
C. Seleksi tingkat Universitas pada minggu ke I bulan Maret 2017


II. Syarat pendaftaran calon mahasiswa berprestasi
1. Mahasiswa S1 maksimal semester VIII (angkatan 2015 dan 2014) usia maksimal 23 tahun pada tanggal 31 Agsutus 2017.
2. Warga Negara Republik Indonesia
3. Memiliki Kondite yang baik dan menunjukkan loyalitas terhadap almamater (surat keterangan dari Ka.Jur/ Dekan).
4. Membuat karya tulis (sesuai dengan Pedoman Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2017 yang di terbitkan oleh DIKTI).
5. Aktif dalam kegiatan intra, dan ekstrakurikuler, serta mempunyai prestasi/kemampuan yang diunggulkan (10 terbaik) dibuktikan dengan fotocopy dokumen pendukung.
6. Mempunyai kemampuan berbahasa Inggris secara lisan dan tulisan.
7. IPK minimal 3,00 untuk semua jurusan (lulus semua mata kuliah).
8. Mengisi Formulir Pendaftaran, blanko disediakan.
9. Tidak terdaftar pada wisuda bulan Pebruari dan Agustus 2017.
10. Belum pernah menjadi finalis Mawapres ditingkat Universitas.

 

20 Mahasiswa Universitas Bung Hatta Terima Beasiswa Bank Nagari

Bunghatta.ac.id. Sebanyak 20 mahasiswa Universitas Bung Hatta memperoleh beasiswa dari Bank Nagari untuk bantuan biaya pendidikan dengan total dana yang diberikan sebanyak Rp. 50 juta. Beasiswa ini langsung diserahkan oleh Direktur Utama Bank Nagari Dedy Ihsan, SE, Master of Business (B&F) bersama Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, CA di Aula Gedung 6 Blok B Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Kamis (17/11/2016).

Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris  dan Jurusan Sastra Jepang Yang mendapat Beasiswa BANK NAGARI Yaitu :

CICI ANNISA OKTARINA  NPM  1310014211015  (Sing)

NIA PERMATA SARI        NPM  1410014321007  (Saje )

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, CA mengucapkan terima kasih dengan adanya bantuan biaya pendidikan ini kepada mahasiswa Universitas Bung Hatta. Beasiswa ini diberikan bagi mahasiswa yang memiliki prestasi yang bagus dengan sistem seleksi berpedoman pada ketentuan Beasiswa Bidik Misi.

“Tentunya dengan ada beasiswa ini dapat memanfaatkannya sebaik mungkin dan untuk keperluan biaya pendidikan serta terus tingkatkan prestasinya. Universitas Bung Hatta juga berharap beasiswa ini dapat terus diberikan tiap tahunnya agar dapat membantu mahasiswa yang membutuhkan biaya pendidikannya,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Nagari Dedy Ihsan, SE, Master of Business (B&F) menyampaikan dengan diberikannya bantuan biaya pendidikan ini, mahasiswa Universitas Bung Hatta dapat lebih giat lagi belajarnya dan terus produktif. Selain itu juga dapat memotivasi agar mahasiswa setelah tamat nantinya dapat berkarir di Bank Nagari.

 

“Kedepanya Bank Nagari akan rekuitmen secara langsung ke kampus-kampus untuk mencari lulusan yang terbaik. Semoga kerja sama ini dapat terus ditingkatkan,” sebutnya.

Pemberian beasiswa Bank Nagari ini juga dihadiri oleh Ketua Badan Pembina Yayasan Pendidikan Bung Hatta Drs. H Zuiyen Rais, M.S, Ketua Badan Pengurus, Ketua Badan Pengawas dan jajarannya, pimpinan universitas, dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Hum

 

 

 

 

 

 

 

Sosialisasi AIPT Universitas Bung Hatta Kepada Pimpinan Yayasan dan Struktural
Bunghatta.ac.id. Universitas Bung Hatta kembali menggelar Sosialisasi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) kepada yayasan pimpinan struktural dari tingkat universitas hingga program studi yang berlangsung di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (29/11/2016).

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, CA menyampaikan pertemuan ini sangat penting dilakasanakan sebagai sarana untuk sosialisasi pasca pengiriman borang AIPT Universitas Bung Hatta kepada yayasan dan pimpinan struktural agar dapat diketahui oleh semua kalangan menjelang datangnya visitasi dari asesesor BAN-PT.

Dalam kegiatan ini Ketua Tim Penyususnan Borang AIPT Dr. Ir. Eko Alvares Z, MSA dan Ketua Tim Penyusun Evaluasi Diri Borang AIPT Dra Zulfa Amrina, M Pd yang menjelaskan mengenai persiapan penyusunan borang hingga isi tiap standar borangnnya dan perluang serta tantangannya.

Sosialisasi ini diikuti oleh pimpinan yayasan, universitas fakultas dan program studi, kepala unit/biro serta kepala tata usaha di lingkungan Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)

Copyright © 2018 Pustikom Universitas Bung hatta