Tim Dosen Universitas Bung Hatta kembali menyelenggarakan kegiatan Pemberdayaan SDM Pengelola Objek Wisata Gunuang Padang Berbasis Sport Edutourims Untuk Penguatan Hospitality Kesantunan Tindak Tutur Menuju Sustainable Tourism dan SDG’s yang bertempat di Kawasan Objek Wisata Gunuang Padang pada 22 September 2024.

Kegiatan pengabdian ini Skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat Ruang Lingkup Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat yang didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Tahun Anggaran 2024.

Kegiatan pengabdian ini diketuai oleh Prof. Dr. Diana Kartika dengan anggota Dr. Listiana Sri Mulatsih, S.E, MM dan Dr. Yuni Astuti,S.Pd, M.Pd dari Universitas Negeri Padang serta melibatkan mahasiswa Sastra Jepang Universitas Bung Hatta Jelita Maharani, Muhammad Fikri, dan Tiara Karin.

Ketua Tim PKM, Prof. Dr. Diana Kartika, menyampaikan kegiatan pengambdian ini merupakan pertemuan kedua dengan kegiatan pelatihan dan pendampingan untuk pengenalan materi Sport Edutourism yang disampaikan oleh
Dr. Yuni Astuti,S.Pd, M.Pd dan Bayu Haryanto, S.T., M. Si, Tim Pemberdayaan dan Pengembangan (TP2) Desa Wisata Sumatera Barat dan juga sebagai Kepala Sekretariat Rektor Universtas Bung Hatta.

“Gunuang Padang menjadi salah satu objek wisata unggulan di Kota Padang yang memiliki daya tarik wisata yang lengkap. Pengunjung bisa melihat pesona alam, tinggalan benteng pertahanan Belanda dan Jepang hingga aktivitas rekreasi dan olahraga yang menarik untuk dinikmati,” ungkapnya.

Dr. Yuni Astuti,S.Pd, M.Pd menjelaskan mengenai pemahaman mengenai konsep Sport Edutourism di Gunuang Padang. Konsep ini merupakan kombinasi antara pariwisata olahraga dan pendidikan, yang memberikan pengalaman unik bagi wisatawan melalui aktivitas fisik yang terintegrasi dengan unsur edukasi.

Selanjutnya, materi disampaikan oleh Bayu Haryanto, S.T., M. Si mengenai tatakeloa pariwisata sekaligus pengalian potensi daerah dengan pendekatan analisis SOWT. Tata kelola yang baik adalah kunci dalam mengoptimalkan potensi wisata secara berkelanjutan, serta mendukung pencapaian target-target pariwisata berkelanjutan dan Sustainable Development Goals (SDGs).

Setelah pelaksanaan pelatihan dan praktik, Tim PKM juga melakukan tinjauan kelapangan untuk melihat kondisi dan suasana objek wisata Gunuang Padang. (uby)