Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website

Cetak

manajemen digital

 Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website

 

Membaca merupakan kegiatan yang sangat menunjang intelektual dan keterbukaan bagi seseorang. Kegiatan tersebut pada dasarnya kegiatan yang memberikan dampak positif yang sangat besar. Hal inilah yang mendasari program-program pemerintah supaya masyarakat indonesia gemar membaca. hal itu Rendahnya perekonomian masyarakat di daerah, menyebabkan kurangnya kepedulian masyarakat untuk membaca dan kurangnya sarana prasarana untuk menunjang kegiatan membaca. Sedangkan disisi lain, di Indonesia banyak sekali penulis-penulis lokal yang kreatif, imajinatif dan sangat berpotensi. Namun kebanyakan dari mereka tidak memiliki modal yang cukup untuk menerbitkan tulisan hasil karya mereka. jadi Seiring berkembangnya teknologi dan internet, sebuah buku, jurnal dan lainnya dapat dipublikasikan dalam bentuk digital menjadi ebook, e-jurnal dan lainnya. Dengan menggunakan media internet buku-buku digital dapat diunggah dan disebar luaskan kepada masyarakat dari berbagai jenis kalangan. Melihat akan kondisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa kurangnya sarana dan prasarana penunjang kegiatan membaca dan sarana untuk mempublikasikan sebuah buku, menjadikan suatu permasalahan yang harus diatasi. Dengan adanya e-library, penulis buku tidak harus membayar banyak biaya untuk menerbitkan sebuah buku. Selain itu, para pembaca juga tidak harus datang ke toko buku untuk membeli sebuah buku. Dengan e-library, pembaca dapat mendownload buku-buku digital yang ada. oleh karena itu penting nya sebuah website pada era digital saat ini yang dibangun untuk kegiatan gemar membaca dan menulis tidak lagi harus mengeluakan biaya yang lebih.

KAJIAN LITERATUR Pepustakaan Digital

A. Website

Pengertian website adalah “keseluruhan halaman halaman web yang terdapat dari sebuah domain yang mengandung informasi.

B. Internet

Internet adalah jaringan komputer Ibarat jalan raya, internet dapat dilalui berbagai sarana transportasi, seperti bus, mobil dan motor yang memiliki kegunaan masing-masing.

C. Web Server

Pengertian web server adalah “Server Web (Web Server) merujuk pada perangkat keras (server) dan perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP ataupun variannya (seperti FTP dan HTTPS) atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu URL ke pemakai”.

D. Web Browser

Pengertian web browser adalah alat yang digunakan untuk melihat halaman web“.

E.WWW (World Wide Web)

World Wide Web (WWW atau web) merupakan sistem informasi terdistribusi yang berbasis hypertext.

F. HTML (Hypertext Markup Language)

HTML singkatan dari Hypertext Markup Language dan berguna untuk menampilkan halaman web”.

G. PHP (Hypertext Preprocessor)

PHP adalah (PHP Hypertext Preprocessor) adalah bahasa pemrograman web berupa script yang dapat diintegrasikan dengan HTML.

H. CSS (Cascading Style Sheet)

CSS merupakan bahasa pemrograman web yang digunakan untuk mengatur style-style yang ada di tag-tag HTML.

I. XAMPP

XAMPP adalah salah satu paket instalasi apache, PHP, dan MySQL secara instant yang dapat digunakan untuk membantu proses instalasi ketiga produk tersebut

J. Adobe Dreamweaver CS6

Adobe Dreamweaver CS6 adalah versi terbaru dari Adobe Dreamweaver yang merupakan bagian dari Adobe Creative Suite 6.

K. JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat program yang digunakan agar dokumen HTML yang ditampilkan dalam browser menjadi lebih interaktif, tidak sekedar indah saja”.

L. Pengertian Basis Data (Database)

Pengertian Database atau biasa disebut basis data merupakan kumpulan data yang saling berhubungan. Data tersebut biasanya terdapat dalam tabel-tabel yang saling berhubungan satu sama lain, dengan menggunakan field/kolom pada tiap tabel yang ada.

M. MySQL

MySQL (MyStructure Query Language) adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL Database Management System atau DBMS dari sekian banyak DBMS seperti Oracle, MS SQL, Postagre SQL dan lainnya.

Metode Pengembangan Perangkat Lunak

Adapun metode yang digunakan pada pengembangan perangkat lunak ini menggunakan metode model waterfall yang terbagi menjadi beberapa tahapan

1. Analisis kebutuhan perangkat lunak

Kebutuhan sistem dilakukan untuk mambantu menjabarkan kebutuhan pengguna menjadi design sistem yang kemudian akan dibuat menjadi program aplikasi. Dalam hal ini, administrator memiliki hak akses untuk masuk ke halaman administrator dengan cara melakukan login terlebih dahulu, dan mengolah semua data yang ada di halaman administrator. Sedangkan user (pengguna) tidak berhak masuk ke halaman administrator.

2. Desain dan Pembuatan kode program

Pada tahap desain, menggunakan Cascading Style Sheet (CSS) yang terdapat dalam Software Adobe Dreamweaver CS6. Pada tahap perancangan basis data,menggunakan Entity Relational Database (ERD) sebagai alat untuk merancang relasi antar tabel dalam database untuk kemudian dikonversikan ke dalam bentuk Logical Record Structure (LRS).

3.Pengujian dan Pendukung (support) atau pemeliharaan (maintenance)

Dalam melakukan pemrograman, malakukan pengujian terhadap kode-kode program untuk mendapatkan kebenaran program tersebut. Pengujian ini dilakukan untuk mencari kesalahan yang ditimbulkan karena salah tulis atau kesalahan pemrograman. sehingga memastikan keluaran yang dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan.

Analisa Kebutuhan Pepustakaan Digital

Analisa kebutuhan website yang telah dirancang adalah pengunjung website dapat melihat semua koleksi buku digital (e-book), jurnal digital (e-journal), majalah digital (e-magazine) dan kumpulan artikel yang terdapat pada perpustakaan digital yang telah dirancang

Analisa Kebutuhan Pengguna Pepustakaan Digital

a. Administrator dapat mengelola pada webstie seperti menambah, mengubah dan menghapus daftar kategori pada e-book dan memberikan renspons.

b. Pengunjung Pengunjung dapat melihat semua koleksi buku digital (e-book), jurnal digital (e-journal) dan majalah digital (e-magazine) dan kumpulan artikel.

Analisa Kebutuhan Sistem

a. Sistem dapat memberikan informasi bagi pengunjung website bagaimana cara menjadi donatur untuk perpustakaan digital.

b. Sistem dapat melakukan pengecekanapakah username dan password yang dimasukkan oleh anggota sudah benar ketika anggota melakukan login.

Rancangan Basis Data

Dalam pembuatan website perpustakaan digital, dibutuhkan adanya penyimpanan semua data-data seperti, data koleksi, data kategori, data anggota, data user, data contact us atau data pengunjung yang ingin dihubungi oleh administrator.

a. Entity Relationship Diagram (ERD).

b. Logical Record Structure (LRS).

c. Rancangan Struktur Navigasi.

d. Implementasi Rancangan Antar Muka Halaman Administrator.